6 Jul 2012

Profil Opie Andaresta

Share


PERSONAL
Oppie Andaresta yang bernama asli Ovie Ariesta lahir di Jakarta, pada tanggal 20 Januari 1973. Ia dikenal sebagai penyanyi Indonesia yang melejit lewat tembang Cuma Khayalan. Wanita berdarah Minangkabau ini dikenal banyak membawakan lagu-lagu bernuansa kritik sosial.

Oppie menikah dengan Kurt Kaler, warga negara Amerika keturunan Jerman pada tanggal 23 September 2000 di Mesjid Pondok Indah, Jakarta Selatan. Setelah menanti cukup lama, mereka akhirnya dikaruniai seorang anak laki-laki, Kai Matari Bejo Kaler yang lahir pada tanggal 20 Juli 2007.

KARIR
Oppie Andaresta adalah seorang penyanyi dan musisi, yang banyak membawakan lagu-lagu bernuansa kritik sosial. Akibat kekritisannya ini, Oppie pernah dilarang merilis album Hitam Putih, di zaman orde baru. Karena dalam album tersebut ada lagu yang dinilai 'menyindir' pemerintahan saat itu.

Oppie masih menggunakan nama aslinya, Ovie Ariesta, saat merilis album perdananya, SATU MACAM SAJA. Disusul kemudian albumnya yang lain, seperti CUMA KHAYALAN, BIDADARI BADUNG, BERUBAH dan HITAM PUTIH.

Pelantun lagu Hanya Kau Yang Bisa itu, dalam perjalanan karirnya juga menjajal dunia akting, temasuk turut mendukung pertunjukan teather dan bermain dalam film layar lebar. Oppie membintangi film perdana Riri Riza, KULDESAK (1998).

Lama tak terdengar kabarnya, karena sibuk mengurus keluarga, di awal tahun 2009, Oppie kembali ke dunia musik. Kembalinya menjadi musisi ditandai dengan dirilis single terbarunya I Am Single, I Am Very Happy.

Yang menarik, Oppie tidak merilis dalam bentuk album, namun hanya dalam bentuk single. Alasannya sederhana, untuk menghindari pembajakan albumnya.

Bertepatan pada perayaan hari Kartini, 21 April 2009 Oppie meluncurkan tiga single yang diperuntukkan bagi wanita Indonesia. Lagu dibuat album oleh Nina Tamam, Rika Roeslan dan Iga Mawarni. Masing-masing lagu tersebut adalah Habis Gelap Terbitlah Terang, Seperti Kartini, dan Wanita Indonesia. Hasil penjualan tiga lagu ini disumbangkan untuk program pemberdayaan perempuan di Indonesia.

DISKOGRAFI
SATU MACAM SAJA (1990) - single
ALBUMNYA OPPIE (1993)
BIDADARI BADUNG (1995)
KUMPULAN LAGU-LAGUNYA (1997)
BERUBAH (1998)
HITAM KE PUTIH (2001)
LAGU BAGUSNYA OPPIE (2003)
DENGAN HATI SENANG (2011)

0 komentar:

Posting Komentar